Membuat Kartu Perpustakaan Unimed untuk Umum

Hallo semua, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya ketika membuat kartu anggota perpustakaan Unimed (Universitas Negeri Medan). Kartu yang dibahas disini digunakan untuk UMUM/TAMU atau yg bukan mahasiswa/i universitas yang bersangkutan. UMUM disini termasuk mahasiswa dari kampus lain, atau orang luar yang tidak kuliah, lagi kerja, dsb.

Sebelum itu saya ingin menyampaikan sedikit, Perpustakaan Unimed itu merupakan perpustakaan digital di lingkungan universitas yang ada di Sumatera Utara. Maksud digital disini bukan maksudnya semua koleksi (terutama buku-buku) nya dibaca di komputer, enggak, tapi digital disini merujuk pada pelayanannya yang bersifat digital, misalnya seperti adanya katalog online.

Dengan katalog online kita bisa mencari daftar buku serta letak buku itu dengan mudah di komputer yang terakses dengan internet.

Kemudian ada brankas tempat menitipkan tas kita yang juga memakai teknologi, yaitu dengan menekan tombol maka akan keluar kertas yang berisi kode kunci untuk membuka brankasnya pas kita ingin mengambil tas. Setelah menekan tombol dan menarik kertasnya, otomatis brankasnya akan terbuka. Masukkan tas atau barang lainnya kedalamnya lalu tutup brankasnya. Kode pembuka itu hanya dapat digunakan sekali, jadi jangan sampai barang-barang kamu terkunci di dalamnya, bisa repot urusannya..

Selain itu, peminjaman, memasukkan data pengunjung perpustakaan, bahkan mendaftar sebagai anggota perpustakaan (bagi umum) pun dilakukan secara digital. Oke langsung saja kita ke bagian pendaftarannya...



Syarat pendaftarannya:
  • NIM (bagi mahasiswa luar) & NIK pada KK (bagi non mahasiswa manapun).
  • Uang 20 ribu
Hanya ada 2...



Alur pendaftarannya:
  1. Pendaftaran dilakukan di lantai 2 dengan menaiki lift.
  2. Setelah itu kita akan melihat komputer yang menampilkan daftar formulir pendaftaran kartu perpustakaan. Isi data-datanya disitu, kemudian klik submit.
  3. Setelah mengisi data, datangi petugas untuk pembuatan kartunya. Nantinya petugas akan meminta kita menuliskan NIM (bagi mahasiswa) atau NIK (bagi non mahasiswa). Karena saya mahasiswa, jadi petugas meminta saya menuliskan Nama, NIM, Jurusan, Fakultas, dan Asal Kampus.
  4. Setelah itu, berikan data yang ditulis tadi ke petugas, lalu kita akan melakukan sesi pemotretan di tempat petugas tadi itu juga.
  5. Petugas akan mempersilahkan kita duduk sebentar untuk menunggu kartunya jadi.
  6. Nanti nama kita akan dipanggil untuk mengambil kartunya dan berikan uang 20 ribu itu kepada petugas. Selesaii..
  7. Sehabis itu jangan lupa mengisi daftar tamu bagi yang telah membuat kartu lalu tanda tangan.


Contoh Kartu Perpustakaan

Nantinya kartu ini bisa digunakan untuk masuk ke ruang baca/buku dengan meng-scan kode yang ada di kartu kita. Kalau minjam buku? Baca dulu ketentuan ini:
  • Kartu ini berlaku untuk 1 tahun kedepan.
  • Kartu ini TIDAK DAPAT digunakan untuk meminjam buku (bagi tamu).

Selengkapnya bisa dibaca di bagian belakang kartu:





Sekian dari apa yang saya bagikan, mohon maaf jika ada kesalahan. Selamat menggunakan!


loading...

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
Jika ada yang ingin dibahas secara pribadi, silahkan menuju ke menu 'Kontak' yang terletak di atas blog.